Langsung ke konten utama

Database Management System



DBMS merupakan sistem pengolahan database. DBMS dapat membantu memelihara dan mengelola data-data dalam jumlah besar. DBMS merupakan perantara antara user dengan data. Cara interaksi antara user dengan data adalah dengan menggunakan bahasa instruksi yang sudah ditetapkan oleh DBMS. Instruksi - instruksi tersebut adalah :

  • DDL
DDL atau Data Definition Languange adalah instruksi yang digunakan untuk menggambarkan design dari basis data secara menyeluruh. Contoh dari instruksi DDL adalah membuat database, membuat table, membuat tabel, menghapus tabel, mengubah susunan tabel dll.
  • DML
DML atau Data Manipulation Language adalah instruksi yang digunakan untuk memanipulasi isi dari tabel. Contoh dari instruksi DML adalah menambah record tabel, menghapus record tabel, mengedit record, dll.

Beberapa contoh DBMS adalah sebagai berikut :
  • Mysql
Adalah salah satu DBMS yang didirikan oleh David Axmark, Allan Larson dan Michael Monty. Kelebihan dari Mysql diantaranya adalah free atau gratis, fleksibel dengan berbagai program,keamanan yang cukup. Sedangkan kekurangannya adalah kurang mendukung koneksi bahasa pemrograman seperti Delphi, Foxpro sebab koneksi ini dapat menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari bahasa pemrograman tersebut.
  • Oracle
Adalah salah satu DBMS yang dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya yang bernama Software Development Laboratories pada tahun 1977. Kelebihan dari Oracle adalah performa pemrosesan transaksi yang sangat tinggi, terdapat beragam fitur yang bisa memenuhi tuntutan fleksibilitas oleh perusahaan besar. Sedangkan kekurangannya adalah membutuhkan dana atau biaya yang cukup besar.
  • Microsoft SQL Server
Adalah salah satu DBMS yang di produksi oleh Microsoft. Kelebihan dari Microsoft SQL Server adalah tingkat pengamanan data yang sangat baik, dapat melakukan backup, recovery dan rollback. Sedangkat kekurangannya adalah hanya bisa berjalan pada OS Windows dan harganya cukup mahal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data sehingga menghasilkan suatu informasi yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Contoh dari teknologi Informasi adalah komputer dan Internet. Perkembangan Televisi TVRI atau Televisi Republik Indonesia merupakan stasiun TV yang diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1962. Stasiun Televisi Republik Indonesia merupaka stasiun milik pemerintah. Pada perkembangannya, semakin lama stasiun televisi semakin banyak, baik itu lokal maupun swasta. Peluncuran berbagai satelit Indonesia pernah berhasil meluncurkan satelit mulai tahun 1975 sampai dengan 1976. Satelit yang pertama diluncurkan adalah PALAPA A1, kemudian disusul oleh satelit-satelit lainnya seperti Palapa A2, PALAPA B1, PALAPA B2, PALAPA B2R, PALAPA B4, PALAPA C1, PALAPA C2, Indostar/Cakrawarta 1, Telkom 1,Garuda 1, Telkom 2, Inasat 1,Lapan Tubsat, Indostar/Cakrawarta 2 dan PALAPA D. Perkembangan Komputer dan Jaringan Internet

Testimoni STMIK Swadharma

STMIK Swadharma merupakan kampus swasta yang beralamatkan di Jalan Malaka No. 3, Tambora, Jakarta Barat. Kampus ini terletak dekat dengan fasilitas umum seperti Bank, Kantor Pajak Pratama Penjaringan, Stasiun Jakarta Kota, Museum Bank Indonesia, Pasar Pagi dan lain-lain. Letaknya yang persis dipinggir jalan raya membuat kampus ini strategis walaupun pintu gerbangnya sedikit terlihat. Disisi kanan dan kirinya terdapat Bank Danamon dan Mushola Telkom. Bangunan STMIK Swadharma terdiri dari 4 lantai dengan lantai dasar dijadikan tempat parkir dan kantin. Di lantai 2 sampai 4 terdapat beberap ruang kelas, Lab Komputer, WC, dan Mushola. Ada 3 Lab Komputer dengan kelengkapan seperti komputer, proyektor dan lain-lain. Seluruh ruang kelas dilengkapi proyektor dan AC sehingga membuat tempat belajar mengajar lebih nyaman. STMIK Swadharma mempunyai 3 jurusan, yaitu Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Manajemen Informatika. Dalam kampus ini ada 3 kelas, yaitu Malaka A, Malaka B dan Mala

Apa sih Keunggulan STMIK Swadharma?

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Swadharma merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta Utara, tepatnya beralamatkan di Jalan Roa Malaka No 3, Jakarta Utara. Berikut adalah beberapa kelebihan dari STMIK Swadharma : Letak kampus yang strategis di pinggir jalan raya (dekat Stasiun Jakarta Kota, Kota Tua, Museum Bank Indonesia, Kantor Pajak Pratama Penjaringan, Kantor Pajak Tambora, Bank Danamon Roa Malaka, Bank BNI Roa Malaka)         Biaya perkuliahan tidak terlalu mahal (untuk BSP hanya satu kali di semester awal dan dapat dicicil selama satu semester) UTS dan UAS tidak dikenakan biaya lagi (Asalkan mengikuti UTS dan UAS sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, jadwal bisa dilihat di web STMIK Swadharma) apabila tidak bisa mengikuti UTS dan UTS sesuai jadwal maka akan mengikuti ujian susulan dengan membayar biaya sekitar Rp 100.000,- per mata pelajaran. Bisa sambil bekerja karena ada jam kuliah karyawan, jam kuliah karyawan adalah Hari S